New York, 26 September 2018 - Pemimpin Dunia berkumpul di Markas Besar PBB pada Pertemuan Tingkat Tinggi untuk Tuberkulosis (High Level Meeting on Tuberculosis) dan sepakat untuk mengakhiri epidemi Tuberkulosis. Delegasi Republik Indonesia dipimpin oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla; serta beranggotakan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani; Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Nila Farid Moeloek serta pejabat terkait.

Penanggulangan TB di Jember, diberi slogan yaitu: GERAKAN TEMUKAN 115 TUBERKULOSIS dan OBATI SAMPAI SEMBUH. Gerakan ini adalah Gerakan Aktif Deteksi Dini, pada satu penderita TBC dilakukan kunjungan rumah, mengamati 15 orang terdekat, satu rumah dan atau tetangga dari penderita TB oleh kader, tokoh masyarakat dan keluarga.

Jakarta, 12 Februari 2018 - Indonesia dan The Global Fund memperkuat kemitraan dengan meluncurkan dana hibah baru untuk mengakhiri epidemi HIV, tuberkulosis (TBC), dan malaria periode 2018-2020. Hibah baru tersebut juga bertujuan untuk memperkuat manajemen rantai pasokan, meningkatkan deteksi kasus TB menjadi 240 per 100.000 tingkat pemberitahuan kasus, keberhasilan pengobatan 90%, dan keberhasilan pengobatan MDR 65-75%. Kemitraan Indonesia dengan Global Fund telah mencapai hasil yang signifikan dalam meningkatkan ketersediaan pengobatan TBC. Kemitraan ini juga berkontribusi pada penemuan 401.130 kasus TBC dan 2.999 pasien TB-MDR yang menjalani pengobatan.

Jakarta, 1 May 2017 - Usia Dahlia baru 1,5 tahun pada saat menjalani pengobatan. Ia terinfeksi tuberkulosis (TB) dari ayahnya yang telebih dahulu terdiagnosis sebagai pasien TB sensitif obat. Kemudian diketahui tidak hanya Dahlia, sang kakak Samuel (5 tahun) juga menunjukkan gejala yang sama. Setelah diperiksa lebih lanjut di puskesmas, mereka berdua dinyatakan terkena TB anak. Mereka pun mengikuti pengobatan selama enam bulan di puskesmas.

Halaman 1 dari 7